Saya merasa senang kalau Sofware yang di cari sobat ada di blog saya ini

Sunday, April 14, 2013

Membagi-bagi Files menggunakan Winrar


Pada kesempatan yang baik ini, w0ngb4gus ingin berbagi bagaimana cara membagi-bagi Files menjadi beberapa part dengan menggunakan Winrar. artikel ini sebenarnya sudah lama sekali beredar di dunia internet yang di share oleh para Bloger. namun walau sangat terlambat, tidak salah kalau  wongb4gus juga ikut-ikutan mereka. karena kenyataannya masih ada yang belum tahu cara membagi files-files tersebut. sehingga untuk berbagi files dengan teman-teman yang jauh merasa kesulitan. sebenarnya files sebesar apapun sizenya, bisa di perkecil ukurannya yang dalam hal ini dibagi-bagi menjadi beberapa bagian. dan para Uploader yang bijaksana akan memakai cara ini agar bisa di jangkau oleh seluruh lapisan koneksi.  bagi yang mempunyai koneksi internet yang tinggi ini tidak berpengaruh. tapi bagi yang mempunyai koneksi yang pas-pasan seperti w0ngb4gus akan merasa kesulitan untuk mendownload files besar tersebut. apalagi untuk berbagi sama teman-teman. langsung saja, untuk bisa membagi files files tersebut syaratnya adalah :

1. Pastikan di komputer anda ter-Instal Winrar. bagi yang belum mempunyai, Bisa didownload disini.
2. Siapkan file yang akan anda bagi-bagi tersebut.
   w0ngb4gus memberikan contoh membagi-bagi file "Windows 7 Ultimate SP1x64" yang aslinya file tersebut sizenya 3 GB lebih dan bisa di lihat gambar di bawah ini :



Kalau dilihat sizenya, tak mungkin bisa dikirim ke teman jauh anda secara langsung. dan bagaimana agar bisa di kirim dan bisa diterima oleh teman anda ? caranya files tersebut harus dibagi-bagi menjadi beberapa bagian ( Part ) yang dalam hal ini menggunakan Winrar. caranya Klik kanan pada file tersebut  dan pilih " Add to archive.." lihat gambar bawah :


Setelah itu muncul jendela baru, dan metode dalam pengkompresan ini ada 6 metode : Store, Fastest, Fast, Normal, Good, dan Best. tetapi defaultnya adalah " Normal ". gambar bawah :


Kemudian anda di hadapkan pilihan berapakah ukuran files-files yang anda inginkan. dari 5 MB, 10 MB, 15 MB dan seterusnya terserah anda. gambar bawah :


selanjutnya adalah jika anda menginginkan besarnya files itu ukurannya tidak tercantum atau menulis sendiri, maka anda harus merubah statusnya dan pilihannya adalah : B ( Byte ), KB ( Kilobyte ) MB ( Megabyte ) dan GB ( Gigabyte ) gambar bawah :


Setelah semuanya lengkap, langsung saja klik "OK". contoh gambar bawah ini w0ngb4gus memilih 100 MB/ files


Tunggu beberapa saat sampai pengextrakan selesai, dan hasilnya seperti contoh gambar di bawah ini. seandainya masih terlalu besar, bisa di perkecil dan di perkecil lagi dengan cara seperti diatas, hanya ukurannya yang harus di rubah.


Lalu jika anda mendapatkan files-files seperti itu, entah dari teman atau dari hasil hasil mendownload, langkah yang harus anda lakukan adalah menyatukan files-files tersebut agar menjadi satu file yang utuh, dengan cara klik kanan pada files pertama ( Part01 ) dan pilih Extract Here atau Extract files.. yang keduanya meiliki fungsi yang sama.


tunggu sesaat sampai pengextrakan selesai, karena memakai " Extract Here " maka hasilnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini. dan kalau di komputer anda sudah ter-instal ISO atau Nero, maka hasil extrakan langsung berubah berbentuk kepingan CD


sekarang meng-extract dengan meng-klik " Extract files " seperti terlihat pada gambar :


maka akan muncul jendela baru seperti gambar dibawah ini, dan langsung saja klik OK


dan files yang di extract tadi, berada dalam sebuah folder yang berisikan file hasil extrakan.


Sekiranya hanya itu yang w0ngb4gus sampaikan, semoga bermaafaat buat semuanya, dan setelah mengetahui cara membagi-bagi files tersebut, anda sering berbagi sama teman-teman jauh anda. tetap semangat....dan terus semangat.


w0ngb4gus.blogspot.com

No comments:

Post a Comment