Saya merasa senang kalau Sofware yang di cari sobat ada di blog saya ini

Wednesday, April 18, 2012

Mengeluarkan Setereo Mix pada Windows 7

Ini info buat sobat-sobat pe-Chater yang hobby karaoke baik itu di room atau di conference yang menggunakan Windows 7.banyak sekali, bahkan hampir rata-rata semuanya bilang pake Windows 7 tidak keluar suaranya(musik) sewaktu karaoke. ahirnya dengan terpaksa di format beralih ke Windows XP,yang sudah tidak diragukan lagi kemudahannya dalam soal berkaraoke baik di room dan di conference. Windows XP membawa "Stereo MIX" yang bisa menyeimbangkan antara musik dan vokal. bisakah Windows 7 seperti itu...? bisa,kenapa tidak.
sebenarnya Windows 7 juga membawa "Stereo Mix" khas Windows7.ok,dari pada kebanyakan nulis cape he he he kita langsung aja menuju ke TEKAPE...

Klik "Start"-->Control Panel-->Sound.maka timbul gambar seperti di bawah ini


Setelah itu pilih "Recording" seperti pada Gambar


Perhatikan baik-baik gambar di atas,hanya ada tiga pilihan "Microphone","Line In" dan "Realtex Digital Input"(pada computer saya).disinilah banyak yang tidak tahu adanya "Stereo Mix"yang disembunyikan oleh Windows 7.untuk mgeluarkan Stereo Mix,cukup dengan Klik kanan ditempat yang kosong,maka akn timbul gambar seperti di bawah ini


Setelah mencentang "Show Disable Devices" seperti gambar di atas,maka keluarlah "Stereo Mix"yang kita butuhkan.dan lihat pada gambar,walaupun sudah keluar "stereo Mix"masih dalam keadaan Disable.


Tugas kita selanjutnya adalah meng-Enable kan Setereo Mix itu,dengan cara mengKlik kanan pada Setereo Mix,dan muncul gambar seperti di bawah ini.jangan lupa untuk mencentang "Enable"


setelah mencentang "Enable" maka terbuka gambar seperti di bawah ini,dan secara otomatis "Setereo Mix" menjadi "Default Device"


Selesai sudah settingan untuk mengeluarkan "setereo Mix".kemudian kita men-Setting "Microphone" dengan cara mengKlik kanan pada"Microphone"dan muncul gambar seperti di bawah ini.jangan lupa untuk mencentang "Enable" dan Klik kanan lagi centang "Set as Default Communication Device" lihat gambar


setelah mencentang "Set as Default Communication Device",maka muncul gambar seperti di bawah ini


langkah terahir klik "Communication"dan pilih "Do noting"(seperti pada gambar di bawah) maksudnya disini adalah sewaktu kita memutar musik atau lagu di Chat room atau Conference,kemudian Vokal masuk untuk siap berkaraoke,maka musik atau lagu tidak hilang atau turun drastis.


Kalau Computer (Desktop) atau Laptop anda terinstal "Realtex HD Audio Manager" adanya di taskbar deket jam berlogo speaker berwarna merah.itupun ada settingan sedikit lihar gambar


sedang untuk settingan "Microphone" lihat gambar


Selesai sudah settingan bagaimana mengeluarkan "Stereo Mix" pada Windows 7. mudah-mudahan ini bermanfaat untuk semuanya yang belum tahu. dan bagi yang sudah tau, sampaikan ini pada teman-teman yang belum tahu. pribahasa mengatakan "Tularkanlan ilmu walau cuma satu huruf" buat pe Chater yang menggunakan Windows 7 saya ucapkan selamat. sekarang anda sudah bisa berkaraoke ria di Chat room atau Conference. dan sekedar catatan untuk pengguna Laptop, tidak semua laptop bisa di setting cara ini. walaupun sudah mencontreng "Show Disable Device" dan sudah di Enablekan, kadang tetap saja tidak keluar Stereo Mixnya. nah untuk membuktikan jalan atau tidaknya Setreo Mix itu, anda harus mencobanya langsung di Chat room, atau di Conference. dengan memutar musik karaoke, dan anda sebagai penyanyinya. 

terimakasih
W a s s a l a m


Video Tutorial


Sekedar tambahan : buat anda yang belum memiliki " REALTEK HD AUDIO MANAGER ", silahkan kunjungi  di www.filehippo.com. kalau sudah masuk, cari katagori "Drivers" dan klik  view more... disana tersedia gratis untuk semua versi Windows. dan mudah-mudahan compatible dengan computer anda.

11 comments:

  1. kalo walaupun udah di show disable devices tapi gak muncul-muncul jg stereo mix nya , artinya apa gan ?
    aku jg gak punya Realtek di notebookku . gimana tuh gan ? bantuin dong :'(

    ReplyDelete
  2. Kalau di computer sudah terpasang Realtex HD Audio Manager,sudah jelas itu bisa di lihat hasilnya.tapai kalau gak terpasang,kadang gk bisa dilihat,namun bisa di lihat hasilnya kalau kita sedang berkaraoke di Yahoo Conference atau Chatroom.Realtex disitu maksudnya hanya untuk menyetel keseimbangan antara musik dan vokal,juga Equalizer.dan untuk Laptop memang tidak semuanya bisa di pasang Realtex,tapi bisa di setting cara itu.sebab sudah beberapa laptop yang saya coba dan di setting cara itu,hasilnya ok.walaupun tanpa menggunakan Reltex HD Audio Manager.selamat mencoba lagi yah...

    ReplyDelete
  3. gan, gw juga chatter nih, tapi gw ga bisa2 gabungin mic sama stereo mix. musti gantian. kalo stero mix nya gue jadiin default device, micnya communication device, yg keluar cm musik doang, suaranya ga bisa masuk. padahal volume musik udah gue kecilin, level mic juga udah gue pol sampe 100.
    klo mic nya gue set jd default device, suara gue doang yang keluar, musicnya ngga, walopun udah pol volumenya
    gw pake notebook 10" colokannya cuma ada 1. nah, kalo disamain sama gambar2 diatas tuh, gw ga ada gambar "realtek digital input" kaya punya mu gan. ga ada juga gambar2 kabel
    cuma punya stero mix, microphone sama speakers. apa lg yang kurang ya gan?
    thx sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu berarti punya agan gk stereo alias mono ( outputnya )biasanya speakernya cuman satu.ya jelas gk bakalan bisa keluar bareng.sedangkan headsetnya setereo. coba cari headset yang satu colokannya, tapi stereo. tapi kalau kejadian seperti itu terjadi pada windows xp, biasanya stereo mixnya tidak tercentang. mungkin itu jawaban saya dam maaf sangat terlambat menjawabnya.....salam damai selalu

      Delete
    2. coba install "Realtex HD Audio Manager"

      Delete
    3. sama gw jg gitu gak bisa keduanya harus pilih salah satu ... ada solusi lain ?

      Delete
  4. Mantap gan aq berhasil Kamsia banget yah

    ReplyDelete
  5. gan , saya sudah berhasil , namun suara yang saya ucapkan gak sesuai maksudnya agak lambat sepersekian detik gtu ,, saya baru ngomong beberapa saat baru keluar suara.. kan gak enakeun tuh ,, jadi saling kejar-kejaran.

    ReplyDelete
  6. terima kasih banyak mas, sangat membantu artikelnya :D

    ReplyDelete
  7. Salam hormat smuanya, pada chatingan dimana ni? gabung chat di zello ja yuk bisa karaoke online, apalagi prangkat nya pake pc wuih mataf gan modulasinya thx dari zellover bogor ID ZELLO saya orkes.dorong

    ReplyDelete